✿ NYAMUK, vampir kecil yang suka sekali darah ✿

Assalamu’alaikum wr.wb

Dsisni admin mau ngasi pengetahuan niihh… selamat membaca🙂

“Ngii….iiiiing” Menjelang fajar, tiba-tiba,”Gubrak,” aku terbangun dan mengibas-ngibaskan tangan karena suara dengingan yang berputar-putar disekitar telingaku. Kukibaskan tangan dan kakiku, tapi kesunyian itu hanya sesaat saja. Suara “ngiiiiii…iiing” malah terdengar lebih keras dari tadi. Selain itu seluruh tangan dan kakiku sangat gatal sehingga aku tak bisa tidur sama sekali. Malam ini aku terbangun dari tidur nyenyakku  untuk bertempur melawan nyamuk. Sebenarnya menyapa nyamuk selalu muncul saat musim panas, seperti vampir yang mengisap darah?

 

Darah adalah makanan utama yang hanya dimakan oleh nyamuk betina.

        Alasan kemunculan nyamuk pada musim panas adalah karena nyamuk telah terlahir sempurna pada saat musim panas yang pengap. Dalam bahasa inggris, nyamuk disebut “mosquito” yang sebenarnya berasal dari bahasa Spanyol yang berarti lalat kecil. Namun, kita salah kalo menganggap nyamuk seperti lalat yang lahir ditempat yang kotor! Namuk lebih menyukai air yang bersih, terutama didalam vas bunga atau kaleng kosong.

        Nyamuk bertelur di dalam air, kemudian telur itu menetas menjadi larva yang sering disebut jentik, lalu setelah berubah menjadi pupa, jadilah nyamuk dewasa. Nyamuk hidup dengan memakan pada bunga atau sari buah, dan sebagaimnya. Kalau begitu kenapa harus menghisap darah? Darah adalah makanan utama nyamuk betina. Nyamuk hanya melkukan satu kali perkawinan dalam seumur hidupnya. Sperma nyamuk jantan hanya disimpan dalam tubuh nyamuk betina, lalu nyamuk betina melkukan pengulangan  proses fertilisasi dan kemudian bertelur. Tetapi kalo ingin membentuk telur, nyamuk betina membutuhkan protein didalam tubuhnya. Itulah alasan mengapa nyamuk betina menghisap darah. Pada dasarnya nyamuk betina lebih menyukai darah sapi, babi, atau sebangsanya. Namun dikota, mereka juga menghisap darah manusia atau hewan ternak, tanpa pilih-pilih.

Gambar

Gambar.Daur hidup nyamuk

 

Gambar

Gambar.Perbedaan nyamuk betina dan jantan

 

Nyamuk memiliki perkakas lengkap seperti mulut pengebor, gigi gergaji dan sedotan

        Kita baru tersadar digigit nyamuk saat kulit terasa gatal, itu karena nyamuk menghisap darah dengan hati-hati, dengan jarum dimulutnya.

        jarum nyamuk tampaknya hanya ada satu, padahal sebenarnya pada bagian bawah mulut terdapat 6 buah jarum lainnya, setiap jarum memiliki fungsi yang berbeda. Dua buah jarum (rahang yang besar)memotong kulit dengan gigi gergaji. Dua buah jarum berikutnya (rahang yang kecil) melubangi pembuluh kulit seperti bor dan masuk kedalam pembuluh darah. Lalu kelenjar air liur dihubungkan dengan jarum sehingga bisa mengalirkan air liur kedalam pembuluh darah. Pada jarum terdapat zat yang mencegah darah membeku. Saat kita digigit nyamuk, zat inilah yang menyebabkan kulit terasa gatal. Nah, apabila rahang bawahnya bergerak maju mudur, artinya dia berhasil menghisap darah! Setiap kali nyamuk bertelur, mereka akan menghisap darah sampai tiga kali lipat dari berat badanya.

Gambar

Gambar.Anatomi nyamuk

 

Terinfeksi malaria atau bahkan penyakit menyeramkan seperti radang otak!

         Walaupun nyamuk membangunkan tidur nyenyak kita dengan suara “ngiii…nging” saat sayapnya bergerak, membuat kita mendonorkan darah pada mereka, dan membuat kulit kita gatal, semua itu masih mending dari pada mereka menginfeksi kita dengan penyakit mematikan seperti malaria, radang otak, demam kuning, dan demam berdarah. Namun jika kita tidak terjangkit penyakit ini, kita tetap saja kesal jika tergigit nyamuk.

       Indra penciuman nyamuk berkembang dengan mencari sasaran bau keringat yang keluar dari tubuh manusia, zat karbon dioksida yang tersebar saat kita bernafas, dan lain-lain. Selain itu, Nyamuk juga menyukai bau kaki, parfum, dan bau hormon wanita. Oleh karena itu, nyamuk sering mengigit anak-anak yang tingkat metabolismenya tinggi sehingga banyak mengeluarkan panas dan keringat, wanita yang banyak mengeluarkan hormon kewanitaanya, orang gemuk, serta wanita hamil yang memancarkan panas dan mengeluarkan karbon dioksida melalui napas, dan lain-lain. Resiko digit nyamuk berkurang jika kita mandi sebelum tidur, mengganti pakaian dalam, serta memakai celana dan pakaian tidur yang panjang. Tentu saja jika memakai obat antinyamuk akan lebih nyaman!

 

Ada ga siihh keuntungan nyamuk di mata manusia?

       sebenarnya ada jika kita menelitinya, seperti dibawah ini :

    • Dari sisi ekonomi, maka tercipta lapangan pekerjaan melalui pabrik obat nyamuk, dokter-dokter, perawat dll.
    •  Dari sisi tehnologi dan ilmu pengetahuan, maka tercipta jenis-jenis obat nyamuk seperti, obat nyamuk bakar, gel, obat nyamuk semprot,  obat nyamuk elektronik, juga mendorong manusia untuk membuat temuan-temuan baru.
    • Dari sisi manusia, maka kita harus membuat lingkungan kita menjadi bersih. 
    • Dari sisi ilmu alam, untuk memenuhi rantai makanan, karena nyamuk juga makanan bagi binatang lain. Misalnya nyamuk di makan cicak, cicak dimakan ikan, ikan dimakan ikan lainnya yang lebih besar, dan seterusnya.

 

إِنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَحْىِ أَن يَضْرِبَ مَثَلاً مَّا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا فَأَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَذَا مَثَلاً يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلاَّ الْفَاسِقِينَ ( QS.Al baqarah (2) : 26)

Artinya:

“Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Rabb mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan:”Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?”. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan oleh Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberinya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik” ( QS.Al Baqarah (2) : 26)

 

Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s