✿ PARASIT yang hidup dengan menempel pada usus ✿

     Assalamu’alaikum wr.wb

       “sruk sruk”, saat itu tengah malam, aku terbangun karna sangat gatal disekitar dubur. Tapi walaupun sudah digaruk, rasa gatal tidak juga hilang. Sebenarnya serangga apa yang masuk kedalam duburku? Kulepaskan celana dalamku untuk mencari tahu penjahat apa yang mengganggu tidur pulasku. Tampaklah ada cacing yang terlihat seperti benang putih yang sangat kecil dan halus, yang menempel pada celana dalamku!

Parasit yang tak tahu malu mengisap sari makanan sedikit demi sedikit

       Parasit adalah sebutan bagi makhluk hidup yang menempel pada makhluk hidup lain sambil menghisap sari makananya. Tentu saja hampir pada seluruh bagian perut kita juga terdapat parasit. Mereka menumpang tanpa izin dan makan gratis sambil melahirkan banyak keturunan.

       Parasit yang tak tahu malu ini banyak hidup di berbagai tempat bagian dalam perut, seperti usus besar atau usus dua belas jari. Makanan yang dicerna dalam perut kita akan dimakan oleh parasit tanpa henti walaupun meeka dalam keadaan diam. Inilah alasan mengapa sebagaian organ pencernaan parasit tidak berkembang. Namun di lain sisi, Ada satu organ yang terus berkembang, yaitu organ reproduksi yang menghasilkan keturunan. Parasit yang hidup didalam perut seperti cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, cacing pita dan lain-lain. Sebagian besar telur atau larva akan masuk ke tubuh kita melalui mulut atau kulit. Telur/larva masuk dengan cara menempel pada makanan, atau terkadang langsung melubangi kulit.

cacing tambang, cacing kremi, dan cacing gelamg yang tipis dan halus

       Telur/larva parasit yang masuk kedalam tubuh kita setelah dewasa akan pindah ke tempat yang mereka sukai. Masing-masing jenis  parasit memilih tempatnya sendiri-sendiri di antara parasit-parasit ini, yang paling terkenal yang memiliki tubuh tipis dan halus sepeti benang adalah cacing gelang, cacing kremi dan cacing tambang. Parasit ini termasuk kelompok hewan hermaprodit yang memiliki kelamin ganda (jantan dan betina).

       Cacing gelang adalah parasit paling banyak masuk lewat mulut saat berbentuk telur. Saat menjadi larva, mereka akan melubangi usus, masuk kedalam darah sampai sampai ke paru-paru. Kemudian merak akan merangsang terjadinya batuk, dan saat larva terdorong ke kerongkongan, mereka akan tertelan lagi dan masuk ke usus untuk menjadi cacing dewasa. Setelah itu mereka akan menetap didalam usus, sambil bersantai memakan sai makanan dan bertelur. Mereka menghasilkan sekitar 200 ribu telur per hari.

Gambar

 

 

Gambar.Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)

Gambar

 

Gambar.Siklus hidup cacing gelang

 

       Cacing kremi yang sering menyerang anak-anak, masuk melalui mulut saat menjadi telur, sama seperti cacing gelang. Setelah dewasa, mereka akan menetap dalam usus besar. Tetapi, bedanya hanya pada malam hari cacing kremi betina akan bergerak menuju dubur dan bertelur disekitar dubur. Inilah mengapa semalaman dubur terasa gatal. Bagaimana kalau pada saat ini menggaruk pakai tangan? Hiiiyyyy! Telur akan masuk ke kuku dan kemungkinan besar akan masuk ke mulut! Namun, selain rasa gatal cacing kremi tidak menyebabkan luka serius, seperti cacing tambang masuk ketubuh kita dengan melubangi kulit saat menjadi larva. Cacing tambang adalah vampir yang menghisap darah dan menggigit dinding usus dengaan gigi-gigi tajam di mulutnya.

Gambar

Gambar.Cacing kremi (Enterobius vermicularis)

Gambar

Gambar.Siklus cacing kremi

Gambar

Gambar.Cacing tambang (Ancylostoma duodenale)

Gambar

Gambar.siklus hidup cacing tambang

 

Berapa bagian tubuh cacing pita yang berhubungan, panjangnya seperti kereta api

        Selain parasit-parasit yang disebutkan di atas, ada jenis parasit lain yang hidup didalam usus, yaitu cacing pita. Ribuan bagian tubuh cacing pita yang pipih ini bila disambungkan panjangnya  bisa mencapai 9 meter.

        Proses reproduksi keturunanya pu unik. Setelah menancapkan diri ke dinding usus dengan kait di kepala, mereka membuat bagian tubuh yang baru. Bagian tubuh yang baru dibuat berjenis kelamin betina, tetapi bagian tubuh yang alam akan berubah menjadi jantan, stelah itu barulah terjadi pembuahan. Kemudian saat bagian tubuh itu dipenuhi telur, telur-telur tersebut akn dikeluarkan bersama kotoran. Cacing pita biasanya terdapat dan masuk melalui ikan , daging sapi, daging babi yang kurang matang, dan lain-lain. Apabila dalam tubuh terdapat banyak cacing pita, kita akan terserang gizi buruk dan anemia.

       Dahulu kala banyak orang yang terserang sakit kepala, anemia, atau infeksi buruk karena infeksi parasit. Oleh karena itu, dulu di sekolah-sekolah diadakan penelitian terhadap tinja. Para siswa diminta membawa tinja yang dimasukkan kedalam kantong. Setelah itu mereka diberi tugas untuk mengelompokan parasit yang terkandung didalamnya. Tentu saja sekarang sekolah tidak melakukan penelitian tinja lagi. Namun, ada rumah sakit yang meneliti parasit dengan cara tersebut. Selain itu, ada juga penelitian terhadap cacing kremi yang tinggal di sekitar dubur, yang dilakukan dengan cara menempelkan selotip. Nggak perlu dijelaskan apa yang terjadi selanjutny, kau akan menebaknya, kan!

Gambar

 

Gambar.Cacing pita (Taenia )

Gambar

 

Gambar.Siklus hidup cacing pita

 

Menghilangkan lemak dan menyembuhkan penyakit menggunakan parasit?

      1. Cacing gelang obat diet yang manjur

          pada abad pertengahan, orang-orang menggunakan cacing gelang sebagai obat diet. Cacing gelang memakan makanan yang kita makan didalam usus. Oleh karena itu, dipercaya bahwa dengan adanya cacing gelang didalam usus, walaupun kita banyak makan, kita tak perlu mengkhawatirkan timbunan lemak.

         namun perlu di khawatirkan juga, jika cacing tersebut terlalu banyak maka dapat menyumbat kelancaran pembuluh darah. Lebih baik kita hidup sehat dengan makan teratur dan makan berserat serta bervitamin seperti, sayuran dan buah-buahan, betul kan!

       2. Telur cacing cambuk yang di gunakan pada pengobatan alergi.

          Ada alasan mengapa para ilmuan tidak lagi mengatakan bahwa alergi di sebabkan karena infeksi parasit. Penelitian yang mereka lakukan menunjukan bahwa penyakit chorm yang disebabkan alergi justru bisa diobati dngan efektif menggunakan telur cacing cambuk.

Apasih gejalanya jika kita terkena cacingan?

       Akan lebih baik jika kita mengetahui beberapa gejala cacingan, agar kita dapat mengatasinya sedini mungkin, adapun gejala cacingan antara lain :

  1. Badan terasa lesu dan lemas akibat kekurangan darah karena dihisap oleh cacing
  2. Berat badan yang kurang dari ukuran normal, karena nutrisi yang harusnya diserap oleh tubuh diserap oleh cacing
  3. Batuk yang sudah lama dan tidak juga sembuh akibat cacing yang bersarang di paru-paru
  4. Perut terasa nyeri dan juga diare

Lalu pengobatan dan cara pencegahanya seperti apa?

       Ada berapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati cacingan, antara lain :

  1. Menggunakan obat cacing, dengan pemberian sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter
  2. Menggunakan obat herbal seperti daun pepaya, pare, tanaman putri malu, dan buah pinang

       Lebih baik mencegah daripada mengobati, agar kita bisa terhindar dari cacingan biasakanlah untuk melakukan hal-hal berikut:

  1. Biasakanlah cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, setelah buang air, dan setelah bermain
  2. Jangan membiarkan kuku panjang dan kotor, karena itu bisa menjadi tempat larva cacing. Biasakanlah untuk memotong kuku secara teratur, sehingga kuku tetap bersih dan terhindar dari cacingan
  3. Usahakanlah agar sanitasi lingkungan tempat tinggal tetap dalam keadaan bersih
  4. Menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi, akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang kita masak / olah sendiri.

Semoga bermanfaat🙂

Jazakumullah Khoir🙂

Wassalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s